gambar-batik

50 Gambar Batik Indonesia Paling Lengkap

17 views

Gambar.co.id – Batik merupakan kain yang digambar atau ditulis dengan menggunakan zat padat yang terbuat dari eksresi tumbuh-tumbuhan atau yang biasa disebut dengan malam. Dan kini batik Indonesia berhasil menjadi salah satu warisan dunia setelah pada tahun 2009 lalu UNESCO secara resmi menobatkan batik Indonesia sebagai Masterpieces of the Oral dan Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Menurut sejarahnya, kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yan dulu sering disebut dengan tik atau titik yang kemudian berubah menjadi batik. Penggunaan malam pada kain batik merupakan salah satu bentuk seni yang sudah ada sejak abad ke 4 SM.

Hal ini diketahui setelah ditemukannya salah satu mumi di Mesir yang menggunakan kain pembungkus menyerupai malam pada kain batik. Sedangkan untuk di Asia, batik juga telah dikenal sejak Dinasti Tang (618-907), India, dan Jepang pada masa Periode Nara (645-794). Untuk anda yang ingin melihat gambar-gambar batik. Berikut kami bagikan 50 gambar batik Indonesia yang sederhana dan mudah digambar.

Di Indonesia, batik diyakini sudah mulai ada sejak masa kerajaan Majapahit. Dan pada tahun 1920-an batik cap pun mulai dikenal sebagai alternatif dari batik tulis yang sudah ada sejak dulu.

Uniknya, meski batik dipercaya dari Jawa. Namun menurut G.P. Rouffaer teknik membatik sekarang ini awalnya datang dari India dan Srilangka. Namun menurut F.A. Sutjipto (sejarawan Indonesia) dan J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) mengatakan bahwa batik sebenarnya berasal dari daerah-daerah timur Indonesia seperti Flores, Toraja, Papua, dan Halmahera.

Meski begitu, menurut G.P Rouffaer teknik membatik dengan menggunakan canting sudah dikenal di Kediri pada abad ke 12. Hal ini setelah ditemukan arca Prajnaparamita (Dewi Kebijaksanaan Umat Hindu di Jawa Timur abad ke 13) yang menggunakan pakaian yang mirip dengan pola yang ada pada batik Jawa saat ini.

Cerita tentang batik Jawa juga telah dikenal oleh orang-orang Eropa sejak ditulisnya buku History of Java (London, 1817) oleh seorang Gubernur Inggris di Jawa yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Dan puluhan tahun kemudian, batik Indonesia pun berhasil memukai orang-orang Eropa setelah diperkenalkan pada Exposition Unverselle di Paris tahun 1900.

Dan sekarang batik tak hanya dikenal orang-orang di Jawa saja. Sebab batik telah berhasil berkembang dan dibudidayakan di kota-kota Indonesia lainnya seperti Aceh, Kalimantan, Minahasa, Riau, dan Papua.

Awalnya, pembuatan batik ini hanya menggunakan kain berwarna putih yang dinamakan kain mori. Namun, setelah sekian lama akhirnya orang-orang juga menggunakan bahan-bahan lain seperti kain rayon, kain sutera, kain poliester, dan kain lainnya. Untuk jenisnya, batik sendiri dibagi menjadi tiga yakni batik cap, batik tulis, dan batik lukis.