gambar-burung

50 Gambar Burung dari Indonesia dan Dunia

97 views

Gambar.co.id – Burung merupakan hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang yang memiliki banyak bulu dan sayap. Mungkin tak banyak yang tahu, jika burung juga memiliki fosil tertua layaknya dinosaurus. Dan fosil tertua burung tersebut adalah archaegopteryx yang ditemukan oleh peneliti di Jerman.

Burung juga termasuk hewan yang memiliki banyak sekali jenis dan variasi. Hebatnya, burung juga memiliki ukuran yang cukup beragam. Mulai dari yang memiliki ukuran kecil seperti burung kolibri hingga yang memiliki ukuran sangat besar dan menyamai ukuran manusia seperti burung unta.

Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 10.000 jenis burung yang hidup di seluruh dunia. Dan dari 1.500 jenis burung tersebut ternyata berada di Indonesia. Hal ini tak mengherankan, sebab Indonesia merupakan negara tropis yang tak lain merupakan wilayah favorit burung untuk hidup. Untuk anda yang ingin melihat gambar burung. Berikut ini kami bagikan 55 gambar burung dari Indonesia dan dunia.

Jenis-jenis burung sendiri mulai dikelompokkan sejak tahun 1676 oleh John Ray dan Francis Willughby. Namun, beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1758. Jenis-jenis burung tersebut kembali diperbaharui oleh Carolus Linnaeus dan hingga saat ini digunakan sebagai nama biologi untuk burung.

Dalam kehidupannya, burung memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Hal ini karena daging burung merupakan salah satu daging yang sangat dibutuhkan oleh manusia demi untuk mencukupi kebutuhan proteinnya.

Beberapa jenis burung yang biasa digunakan oleh manusia sebagai daging konsumsi di antaranya seperti ayam, bebek, angsa, dan kalkun. Selain dagingnya, telur burung juga sangat sering dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

Umumnya burung hidup dengan cara berkoloni atau berkolompok. Kemudian burung-burung tersebut akan berkembang biak dan meneruskan keturunannya. Jenis-jenis burung yang biasa hidup berkelompok contohnya seperti burung gereja, burung merpati, dan burung manyar.

Dari sekian banyak tempat di seluruh dunia, burung cenderung lebih suka hidup di wilayah tropis seperti Indonesia yang memiliki kelembaban udara dan curah hujan yang tinggi. Bahkan menurut beberapa penelitian, tingkat kepunahan burung di wilayah tropis merupakan yang paling kecil dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di dunia.

Dengan semakin berkembangnya kehidupan manusia juga memaksa burung-burung untuk cepat beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan di sekitarnya.

Beberapa jenis burung yang sudah melakukan adaptasi cepat dengan perubahan yang terjadi di antaranya seperti burung gereja yang mau tak mau harus berbaur dan hidup di pemukiman-pemukiman manusia.

Padatnya pemukiman manusia juga membuat wilayah hidup burung menjadi semakin berkurang yang kemudian dapat menyebabkan kepunahan massal. Mengatasi hal ini harusnya manusia bisa lebih bijak dalam melakukan pembangunan demi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan salah satunya adalah burung.