gambar-ikan

50 Gambar Ikan dari Berbagai Belahan Dunia

8 views

Gambar.co.id – Ikan adalah hewan bertulang belakang yang hidup dan berkembang biak di dalam air. Dalam pengelompokannya, ikan merupakan hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki spesies paling beragam dan mencapai lebih dari 27.000 yang tersebar di seluruh dunia.

Dalam kekerabatannya, ikan juga dibagi menjadi beberapa kelas yakni kelas Agnatha (ikan tanpa rahang, kelas Chondrichthyes (ikan bertulang rawan), dan kelas Osteichthyes (ikan bertulang rawan). Uniknya, di Indonesia sendiri dalam penyebutan nama ikan juga cukup beragam mulai dari iwak, jukut, dan jukok.

Tak hanya spesiesnya saja yang beragam, ikan juga merupakan hewan yang memiliki ukuran yang bermacam-macam. Mulai dari ikan hiu paus yang memiliki ukuran sangat besar dan panjang yakni 14 meter hingga ukuran yang sangat kecil seperti ikan infantfish yang memiliki ukuran hanya sebesar 7 mm.

Namun, yang harus anda ketahui tidak semua hewan air itu adalah ikan. Misalnya seperti cumi-cumi dan duyung. Tetapi kebanyakan orang-orang menganggap hewan air tersebut merupakan bagian dari ikan. Untuk anda yang ingin melihat gambar-gambar ikan. Berikut ini kami bagikan 50 gambar ikan dari berbagai belahan dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, ikan lebih sering dimanfaatkan sebagai konsumsi yang menyehatkan. Namun, untuk pengolahannya hingga saat ini tidak terlalu banyak yang benar-benar dimanfaatkan. Dan hanya beberapa ikan tertentu saja yang saat ini diolah menjadi makanan seperti dendeng, bakso, kerupuk, dan abon.

Hebatnya, ikan merupakan hewan air yang dapat berkembang biak di hampir segala jenis air seperti air payau, air tawar, dan air asin. Namun meski begitu ada beberapa jenis air yang memang tidak bisa menjadi tempat kembang biak bagi ikan contohnya adalah danau atau laut yang memiliki rasa asin sangat tinggi seperti laut mati.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai makanan, ikan juga bisa dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan atau juga dibudidayakan untuk kebutuhan serta sebagai usaha yang menguntungkan seperti ikan maskoki dan ikan lele.

Tetapi mirisnya, semakin kesini manusia semakin rakus dengan menangkapi ikan-ikan secara berlebihan di seluruh dunia. Bahkan penangkapan ikan tersebut mencapai angka 100 juta ton setiap tahunnya. Karena ini jugalah mengapa akhirnya populasi ikan semakin berkurang dan menipis.

Menurut hasil laporan dari jurnal Nature pada tahun 2003 lalu, didapatkan fakta bahwa ikan mengalami pengurangan jumlah yang cukup sistematis yakni sebesar 10 % dari jumlah ikan yang ada sejak tahun 1950.

Dan jika ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin populasi ikan akan semakin berkurang atau bahkan menghilang dari lautan. Untuk itulah kita sebagai manusia, harusnya bisa lebih bijak lagi dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Jangan hanya bisa menangkap dan mengkonsumsi. Tapi juga harus bisa menjaga dan melestarikannya agar kelak anak dan cucu kita tetap bisa menikmatinya.